Kapsul & Teh Daun Karuk Untuk AsmaTes untuk mendiagnosa asmaApakah Anda memiliki asma? Apakah Anda yakin? National Institute for Health and Care Excellence (Nice) mengatakan bahwa sekitar 30% orang dewasa yang didiagnosa asma tidak memiliki bukti atau tanda yang jelas terkait penyakit yang mengganggu pernapasan itu.

Nice mengatakan bahwa tidak ada standar uji khusus untuk mendiagnosa asma. Para dokter pada umumnya hanya mendiagnosa berdasarkan sejarah dan menanyakan pasien terkait gejala, seperti mengi, batuk dan masalah pernapasan, serta apakah mereka memiliki alergi atau eksim.

Suara mengi yang khas dari asma berupa suara seperti siulan yang terus-menerus terdengar ketika mengeluarkan napas. Seseorang kemungkinan bisa memiliki asma jika riwayat keluarga juga memiliki penyakit tersebut. Beberapa bahan kimia juga dapat memicu penyakit asma.

Nice menyarankan para dokter untuk bekerja melalui sebuah tes diagram alur agar mencapai diagnosa yang lebih akurat. Dilansir dari The Guardian, beberapa dokter sudah mulai menggunakan spirometri, yaitu sebuah tes untuk membantu mendiagnosa berbagai kondisi paru-paru. Nice menyarankan agar tes tersebut menjadi tes pertama bagi siapa saja yang berusia di atas lima tahun.

Adapun prosedur spirometri yaitu dengan cara meniup ke dalam sebuah mesin yang akan mengukur seberapa banyak udara yang Anda masukkan serta seberapa banyak dan cepat Anda dapat menghembuskannya.

Jika hasil menunjukkan bahwa jalan napas terhambat (dalam asma, otot-otot di sekitar saluran udara akan mengencang dan lapisan saluran udara menjadi meradang dan bengkak), Anda disarankan untuk melakukan tes berikutnya untuk melihat apakah ada perbaikan/penyembuhan setelah menggunakan obat semprot (inhaler) untuk melebarkan saluran udara. Pemeriksaan lebih lanjut yaitu mengukur kadar oksida nitrat dalam napas. Kadar oksida nitrat akan lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki asma.

Orang-orang yang telah didiagnosa memiliki asma dan stabil harus memiliki ulasan tahunan tentang gejala dan tes spirometri mereka. Hal ini benar-benar penting agar orang-orang tidak lagi berpikir bahwa mereka tidak memiliki asma sebelum melakukan tes ini.

Sumber: demo.analisadaily.com

web statistics