Kapsul & Teh Daun Karuk Untuk Asma

Buah dan sayur perkecil resiko asmaKarena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, kerap mengonsumsi buah dan sayur dipercaya mampu melindungi dari berbagai penyakit, salah satunya asma.

Sebuah studi mengungkapkan sayuran dan buah-buahan sangat penting karena dapat membantu melindungi diri dari asma.

Dalam hal ini, para peneliti menggunakan tikus sebagai subjek penelitian. Tikus diberi diet tinggi serat yang dipercaya membuat paru-paru tidak meradang bila terkena debu rumah yang memicu asma. Hasilnya, tikus tersebut sama sekali tidak mengalami asma.

"Selama beberapa dekade terakhir, penyakit alergi seperti asma meningkat di negara-negara berkembang, sementara konsumsi serat makanan telah menurun di negara-negara tersebut," kata Dr Benjamin Marsland, dari University of Lausanne, Swiss kepada Mail Online.

Tim peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi diet rendah serat mengalami peningkatan peradangan paru-paru sebagai respons terhadap debu. Sedangkan tikus yang diberi makanan kaya serat dari sayuran dan buah-buahan, mengalami penurunan risiko penyakit alergi saluran pernapasan.

Artinya, semakin berkurang serat yang dikonsumsi, kejadian asma bisa semakin meningkat. Begitupun sebaliknya.

Para peneliti mengungkapkan bahwa meski penelitian dilakukan pada tikus, temuan ini mungkin berlaku pada manusia.

"Secara bersama-sama, temuan kami mendukung strategi intervensi konsep menargetkan diet adalah pendekatan yang berharga untuk tidak hanya penyakit usus, tetapi juga penyakit radang pernapasan," kata Dr Benjamin Marsland.

Sumber: lampost.co

web statistics