Makanan dan minuman pemicu asmaPenyakit asma merupakan penyakit yang bersifat jangka panjang yang bisa membuat penderitanya sulit bernapas, batuk-batuk, dan suara mengi ketika asma kambuh.

Tingkat keparahan kekambuhan asma berbeda-beda. Penyakit terjadi ketika saluran napas (bronkus) mengalami radang. Saluran napas para penderita asma cenderung lebih sensitif daripada orang lain.

Jika saluran napas meradang, saat itulah seseorang bisa dikatakan sulit untuk bernapas. Saluran napas menjadi menyempit, serta otot-otot yang ada di sekitarnya menjadi mengencang, dan produksi dahak menjadi meningkat.

Penyakit asma bisa terjadi oleh setiap usia. Gejala asma bisa terjadi oleh anak-anak, menghilang ketika remaja, dan muncul kembali saat dewasa.

Adapun beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya asma.

Dikutip dari alodokter.com belum lama ini disebutkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi pemicu umum asma antara lain bulu hewan, udara dingin, tungau debu, asap rokok, polusi, serbuk sari, infeksi paru-paru, dan olah raga.

Selain itu, ada pula jenis makanan dan minuman yang bisa memicu terjadinya serangan asma pada penderita.

Produk hewan
Kamu para penderita asma disarankan untuk menghindari jenis makanan yang berasal dari produk hewan seperti susu, serta segala jenis daging, telur, dan ikan.

Acar
Acar bisa memicu terjadinya asma. Disebutkan bahwa ada beberapa jenis acar bisa mengganggu sistem pernapasan.

MSG
Monosodium glutamine atau MSG bisa menyebabkan gangguan pernapasan karena mengandung sodium, bisa membuat penyakit asmamu kambuh.

Buah kering
Jenis buah-buahan yang tidak sedikit memiliki kandungan air bisa memperburuk kondisi penderita asma. Selain itu juga buah jenis lainnya seperti aprikot, cranberi, dan nanas disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Kentang goreng
Kentang memiliki kandungan sulfida. Jenis makanan yang dibuat dengan cara digoreng ini bisa juga bisa memicu kekambuhan pada asma

Minuman soda dan alkohol
Seperti diketahui, dua jenis minuman ini bisa membuat kondisi tubuh seseorang tidak baik. Tidak hanya bisa memicu kambuhnya asma, tetapi minuman soda dan alkohol seharusnya perlu dihindari.

Minyak sayur
Penggunaan minyak sayur yang berlebih pada makanan bisa memicu kekambuhan asma. Disebutkan bahwa minyak bunga matahari dan minyak jagung bisa menyebabkan inflamasi pada saluran pernapasan.

Sumber: papasemar.com

web statistics