gejala-kelenjar-getah-beningGejala penyakit getah bening pada umumnya cukup signifikan harusnya segera di waspadai oleh si penderita dengan cepat-cepat berkonsultasi ke dokter perihal gejala yang timbul. Getah bening merupakan salah satu dari sekian banyak kelenjar yang menjadi bagian sistem kekebalan tubuh manusia. Kekebalan tubuh sendiri sangatlah penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan virus penyakit yang menyerang tubuh. Bila salah satu kelenjar bagian sistem kekebalan terganggu maka kekebalan tubuh seseorang bisa menurun drastis.

Macam-macam Gejala Penyakit Getah Bening yang Timbul

Karena berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, maka bisa dirasakan betul kekebalan tubuh atau kekuatan tubuh Anda menurun saat Anda terkena penyakit getah bening ini. Gejala yang pada umumnya timbul ialah timbulnya pembengkakan pada bagian tubuh yang terdapat kelenjar getah bening.

Seperti leher, ketiak atau pangkal paha. Gejala penyakit getah bening lainnya, si penderita akan merasakan penurunan berat badan yang signifikan. Merasakan rasa lelah terus menerus, batuk dan juga sesak napas, demam dan keluarnya keringat dingin pada malam hari juga menjadi gejala dari penyakit yang satu ini.

Untuk gejala yang cukup signifikan adalah terletak pada pembengkakan yang timbul akibat terinfeksinya kelenjar getah bening akibat terinfeksi virus. Pembengkakan tersebut pertama akan terasa lembut dan menyakitkan. Apabila tidak segera ditangani, benjolan tersebut akan semakin membesar bisa seukuran kacang polong yang berisi cairan hasil terinfeksinya kelenjar getah bening di dalam tubuh Anda.

Pembengkakan tersebut bisa muncul kapan saja tanpa sebab yang jelas dan akan terus membesar selama 2-4 minggu. Pembengkakan yang kian tumbuh akan disertai dengan gejala yang sudah disebutkan diatas yaitu demam, berkeringat dingin dan sakit tenggorokan.
Apa itu kelenjar getah bening dan gejala penyakit getah bening.

Diketahui bahwa kelenjar getah bening adalah kelenjar yang menghasilkan partikel protein di dalam tubuh guna menangkap virus dan juga makrofag yang masuk ke dalam tubuh. Kelenjar getah bening sendiri terdapat cukup banyak di beberapa bagian tubuh. Kelenjar getah bening tersebut bisa terkena gangguan atau infeksi dikarenakan virus yang berhasil menyerang kelenjar ini.

Lewat apa sebuah virus bisa menyerang? Infeksi umum yang dilakukan virus, yang berasal dari sakit radang tenggorokan, campak, infeksi telinga, infeksi kulit hingga gigi yang terinfeksi. Karena letak kelenjar getah bening berdekatan dengan leher, telinga dan ketiak membuat virus tersebut juga mudah menyerang kelenjar getah bening yang berdekatan dengan bagian tubuh tersebut dan mulai menimbulkan gejala penyakit getah bening.

Sumber: buletinsehat.com

web statistics