90 persen diabetes dapat dicegahDiabetes masih menjadi satu penyakit yang banyak diderita oleh penduduk di Indonesia. Berdasarkan data Riset kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, terdapat 9,1 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes. Sementara data dari International Diabetes Federation 2015, terdapat 10 juta penduduk Indonesia yang mengalami diabetes.

Angka tersebut jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja sangat disayangkan. Apalagi 90 persen diabetes yang diderita, adalah diabetes yang sebenarnya masih dapat dicegah. 90 persen penderita diabetes di seluruh dunia, merupakan penderita diabetes tipe 2.

Jenis diabetes tersebut adalah diabetes yang dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup. Pola makan yang tidak seimbang, tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, kurang aktivitas fisik, dan kurang istirahat, adalah beberapa penyebab diabetes, yang dapat dihindari. Banyak orang yang baru akan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat, setelah didiagnosa menderita diabetes.

Gejala diabetes pada tahap awal, seringkali tidak terdeteksi. Sehingga banyak orang yang baru memeriksakan diri ke dokter, saat penyakitnya sudah semakin parah. Saat sudah didiagnosa menderita diabetes, itu artinya orang tersebut harus hidup selamanya dengan diabetes. Penyakit degeneratif yang satu ini, memang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dikendalikan. Di Indonesia sendiri, diabetes merupakan penyebab kematian terbesar ketiga.

Daripada harus menderita diabetes seumur hidup. Alangkah baiknya bila Anda melakukan tindakan pencegahan semaksimal mungkin. Menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat, bukanlah hal yang sulit, bila Anda sudah memahami segala manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Sumber: 1health.id

web statistics