Pencegahan kanker seriks

 

Kanker serviks salah satu jenis kanker yang sering dialami banyak kaum hawa. Setidaknya lebih dari 200.00 wanita setiap tahunnya meninggal akibat kanker servik.

Kanker serviks bisa dicegah dengan makanan tertentu yang mengandung antioksidan dan zat pembasmi kanker. Berikut adalah beberapa makanan dan nutrisi yang Anda perlukan untuk mencegah kanker serviks,

1. Vitamin A, C, E, dan kalsium
Vitamin A, C, dan E mengandung antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan secara tak langsung juga mencegah kanker serviks. Selain vitamin di atas,

kalsium dan asam folat juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari infeksi. Makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain jeruk, wortel, telur, lever, tuna, dan produk susu lainnya.

2. Vitamin B folat
Makanan yang kaya akan vitamin B folat sebaiknya juga sering dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks. Folat mampu menurunkan tingkat homocysteine, zat yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel tak normal pada serviks. Makanan kaya vitamin B folat antara lain brokoli, bunga kol, kubis, dan lainnya.

3. Alpukat
Alpukat dikenal dengan kandungan antioksidannya yang banyak serta kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Banyak mengonsumsi alpukat akan mencegah pertumbuhan kanker serviks.

4. Makanan kaya antioksidan
Antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Makanan yang kaya antioksidan antara lain blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan yang kaya antioksidan.

5. Wortel
Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Makanan seperti paprika mampu menetralisir nitrosamines yang menyebabkan kanker serviks.

 

Sumber: seruu.com

web statistics