bra-taak-picu-kanker-payudarMasih khawatir memakai bra bisa sebabkan kanker payudara? Hasil penelitian ini menepis kekhawatiran Anda. Pemakaian bra sering dikhawatirkan dapat menyebabkan kanker. Karena itu, banyak wanita memilih untuk tak memakai bra karena takut kanker.

Namun, studi terbaru mengungkapkan bahwa memakai bra tidak menyebabkan kanker. Hasil ini diperoleh setelah peneliti mengamati 1.500 wanita yang menopause.

Wanita yang menggunakan bra setiap hari, dan memakainya saat tidur memiliki risiko yang sama dengan wanita yang tak menggunakan bra.

Selama 20 tahun, perdebatan tentang penggunaan bra yang dapat memicu kanker payudara menimbulkan kontroversi. Peneliti menjelaskan bahwa kanker payudara tak ditemukan pada seorang wanita yang mengenakan bra.

Bra dianggap menghambat pengeluaran racun yang bisa memicu bahan kimia yang menyebabkan kanker, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (18/9/2014).

Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada 3.000 orang menemukan bahwa pengguna yang memiliki payudara besar menggunakan bra memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker, terutama jika mereka sudah menopause.

Namun, penelitian terbaru tidak menemukan hubungan antara penggunaan bra dan ukuran risiko kanker payudara. Juga, tidak ada hubungan antara frekuensi penggunaan dan jenis bra dengan risiko kanker payudara.

Hasil ini menurut para peneliti membikin perempuan tidak ragu untuk menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara mereka. Karena penggunaan bra tidak berhubungan dengan peningkatan risiko kanker.


Sumber: www.solopos.com

web statistics